Sabtu, 21 Januari 2012

MANFAAT DAN KANDUNGAN AIR KELAPA

Penjelasan
Pada umumnya buah kelapa sudah matang digunakan sebagai campuran makanan atau adonan. Sedangkan buah yang masih muda atau kelapa muda biasanya dikonsumsi secara langsung entah itu air yang di kandungnya atau daging buah tersebut. Pohon yang menjulang tinggi ini memiliki buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Selain isi dari buah yang bermanfaat kulitnya pun dapat dimanfaatkan manusia juga, misalnya saja digunakan sebagai kayu bakar.

Manfaat
Banyak orang yang mengatakan jika ibu hamil mengkonsumsi kelapa muda dapat membersihkan air ketuban saat persalinan. Sedangkan untuk bayi yang akan di lahirkan sendiri dapat bermanfaat agar kulit si bayi bersih dan sehat. Sebagai elektrolit alami buah kelapa muda tersebut dapat menangani dehidrasi pada ibu hamil. Yang dimana dehidrasi tersebut dapat menyebabkan beberapa komplikasi seperti kram, sakit kepala, edema atau bahkan dapat menyebabkan persalinan prematur. Dari segi medis sendiri air kelapa muda mengandung riboflavin, sodium, magnesium, potasium, kalsium, klorida, elektrolit dan lain sebagainya.
Dari kandungan air kelapa yang begitu besar ternyata juga mengandung isotonik alami yang kaya akan mineral, selain itu juga memiliki elektrolit yang sama dengan elektrolit yang ada pada tubuh. Makanya air kelapa muda dapat memulihkan stamina tubuh dan juga untuk rehidrasi. Dalam penelitian juga menyebutkan setiap 30 ml air kelapa muda juga mengandung 5,45 mg sodium, 1,3 mg gula, 61 mg potasium, vitamin B&C, zinc, iodine, sulfur serta selenium.
Karena air kelapa mengandung deutrik alami sehingga dapat bermanfaat untuk melancarkan air seni, membantu membersihkan saluran air kemih, mengeluarkan zat toksin dan mencegah infeksi pada saluran kemih yang umumnya terdapat pada wanita. Banyak ibu hamil juga memanfaatkan air kelapa untuk membantu melawan penyakit karena kandungannya yang kaya asam lauric. Asam tersebut sebagai antibody yang setara air susu ibu dengan karakteristik antibakteri, antivirus dan anti jamur. Dengan kandungannya tersebut dipercaya dapat menjaga kesehatan ibu hamil serta bayi dari virus-virus seperti HIV, harpes, heliokobater, bakteri klamidia serta protozoa giardia lamblia.
Air kelapa juga di percaya dapat mempercepat dan melancarkan pencernaan sewaktu kehamilan. Sebab pada ibu hamil biasanya pencernaan dalam tubuhnya terganggu yang dikarenakan melambatnya kontraksi otot lambung. Hal tersebut pada umumnya dikarenakan plasenta yang terdapat pada ibu hamil memproduksi hormon progesteron, hormon tersebut yang megakibatkan otot pencernaan melambat. Nah dengan rutin mengkonsumsi air kelapa muda dapat membantu memperlancar pencernaan.
Selain itu, karena kandungannya yang tidak memiliki lemak ataupun kolesterol, diduga dapat meningkatkan HDL dalam darah. HDL sendiri merupakan kolesterol yang baik untuk tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar