Rabu, 25 Januari 2012

Organisasi-organisasi Perusahaan

PENGGUNA INFORMASI AKUNTANSI
Informasi akuntansi adalah data transaksi keuangan untuk suatu periode tertentu yang diikhtisarkan dalam bentuk laporan keuangan (financial statement). Pihak-pihak yang berkepentingan terjhadap informasi akuntansi serta kegunaannya bagi pihak bersangkutan tersebut antaralain:
1. Pimpinan perusahaan (manajemen)
Laporan keuangan bagi pihak manajemen perusahaan berfungsi sebagai berikut:
1) Bukti pertanggungjawaban terhadap pemilik
2) Alat penilaian atas operasi perusahaan
3) Alat untuk mengukur tingkat biaya kegiatan usaha ynag dilakukan perusahaan
4) Alat pembuatan pertimbangan untuk pembuatan rencana perusahaan di masa yang akan datang.
2. Pemilik perusahaan
Laporan keuangan bagi pemilik berfungsi untuk:
5) Alat penilaian hasil yang telah dicapai oleh pemimpin perusahaan
6) Dasar penentuan taksiran keuntungan dan taksiran perkembangn saham yang dimilikinya (perusahaan perseroan/PT).
3. Kreditor dan calon kreditor
Laporan keuangan digunakan oleh kreditor sebagai dasar untuk pembuatan pertimbangan dan keputusan dalam pemberian kredit. Dalam hal ini digunakan untuk mengetahui kredibilitas perusahaan.
4. Investor dan calon investor
Investor maupun calon investor menggunakan laporan keuangan sebagai dasar penentuan pilihan yang menguntungkan dalam melakukan investasi. Hal tersebut dikarenakan kemampuan suatu perusahaan untuk memperoleh keuntungan dan untuk mempertahankan stabilitas usahanya dapat dilihat dari hasil analisis laporan keuangannya.
5. Instansi pemerintah
Badan-badan pemerintah seperti Badan Pelayanan Pajak atau badan pengembangan pasar modal (Bapepam), membutuhkan informasi-informasi keuangan dari perusahaan-perusahaan wajib pajak atau perusahaan yang menjual sahamnya melalui pasar modal. Informasi akuntansi merupakan sumber utama bagi badan pemerintah untuk dapat menetapkan pajak perusahaan atau mengawasi perusahaan.
6. Karyawan
Laporan keuangan perusahaan bagi karyawan berfungsi untuk:
1) Untuk mengetahui tingkat kemampuan perusahaann tempat mereka bekerja
2) Untuk menilai perkembangan serta prospek perusahaan tempat mereka bekerja
3) Sebagai dasar penilaian tingkat kelayakan bonus yang diterimaoleh karyawan disbanding dengan keuntungan yang diperoleh perusahaan.

ORGANISASI-ORGANISASI PERUSAHAAN
1. Badan Usaha
Walaupun asumsi kesatuan ekonomi dapat diterapkan setiap unit pertanggungjawaban, pembahasan akuntansi pada umumnya menitikberatkan pada organisasi-organisasi perusahaan perusahaan (badan usaha), seperti: Badan Usaha Perseorangan, Persekutuan (Firma, CV), Perseroan Terbatas (PT).
a. Badan usaha perseorangan
Adalah badan usaha yang dimiliki oleh seorang pemilik. Pemilik pada umumnya sebagai pemimpin, manajer, dan mengoperasikan usahanya.
b. Persekutuan (Firma, CV)
Adalah badan usaha yang dimiliki oleh dua orang atau lebih menurut suatu perjanjian tertentu diantara mereka. Pada saat persekutuan ini didirikan perjanjian dibuat diantara anggota yang menyepakati tentang investasi masing-masing, tugasmasing-masing, pembagian laba dan sebagainya.
c. Perseroan Terbatas PT)
Adalah badan hukum terpisah dan pemiliknya dibagi dalam saham-saham. Pemilik badan usaha adalah pemegang saham badan usaha tersebut yang bebas mentransfer kepemilikannya dengan menjual sahamnya sebagian atau seluruhnya setiap saat. Setiap pemegang saham adalah pemilik perusahaan yang tanggung jawabnya terbatassebesar saham yang dimilikinya. Ini berarti pemegang saham secara pribadi tidak bertanggung jawab penuh atas seluruh utang perusahaan, melainkan hanya terbatas pada penyertaannnya dalam perusahaantersebut.
2. Jenis-jenis Perusahaan
a. Perusahaan Jasa
Adalah perusahaan yang melayani konsumennya dengan menyediakan jasa (benda yang tak berwujud). Misal:salon, bengkel, penjahi, dan sebaginya.
b. Perusahaan Dagang
Adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali tanpa mengolahnya kembali, seperti toko, supermarket, dealer dan lain-lain.
c. Perusahaan Industri
Adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi dan kemudian menjualnya, seperti pabrik sepatu, pabrik tekstil, pabrik rokok, dan sebagainya.

15 komentar:

  1. selain itu apakah ada lagi kegunaan akuntasi??

    BalasHapus
  2. Beberapa orang mengakui bahwa akuntansi adalah sebuah bisnis

    BalasHapus
  3. yg menerima laporan akuntansi nama nya apa ?

    BalasHapus
  4. perusahaan industri pake sistem akuntansi apa?

    BalasHapus
  5. farah : coment'y gk da yg lain ap ??
    dri td 9u liat "informatif blognya"
    doank

    BalasHapus
  6. organisasi perusahaan sangat membutuhkan informasi akuntansi

    BalasHapus
  7. Prestiana : iya je bener yang lu bilang hahahahaha

    BalasHapus
  8. komennya bang prestiana dalem banget tuh haha

    BalasHapus
  9. PT kan ada dua, PT Terbuka dan PT Tertutup, itu apa maksudnya??

    BalasHapus
  10. kalau menurut anda sendiri organisasi" perusahaan apa?

    BalasHapus
  11. saya memberikan pujian kepada mr pedro cukup atas bantuannya dalam mengamankan pinjaman untuk membeli rumah baru kami untuk keluarga kami. pedro adalah kekayaan informasi dan dia membantu mendidik saya dan keluarga saya mengapa pinjaman rumah adalah pilihan terbaik untuk situasi khusus kami. setelah berunding dengan pedro jerome dan penasihat keuangan kami semua orang setuju bahwa pinjaman rumah adalah solusi yang tepat. Anda dapat menghubungi mr pedro jerome jika Anda juga mencari pinjaman apa pun di email / email whatsapp: pedroloanss@gmail.com whatsapp: +1-8632310632

    BalasHapus